Minggu, 10 September 2017

Minuman Penghangat Tubuh Khas Malang

1. Wedang Ronde

Wedang ronde disajikan dalam wadah mangkok dengan kuah airv jahe panas. terdapat beberapa isian diantaranya ronde, kacang tanah dan agar-agar. Rasa hangat langsung menyeruak di tenggorokan, saat suapan wedang ronde dimasukkan ke dalam mulut.
Bahkan tidak hanya tenggorokan, badanpun mulai merasakan hangat akibat efek dari jahe yg ada didalam wedang ronde. Salah satu yg paling populer adalah kedai Ronde Titoni. Sudah ada sejak tahun 1948 dan mangkal di jalan Zaenul Arifin tidak jauh dari Alun-Alun kota Malang. Ada juga kedai warung ronde yg tidak kalah enaknya sekitar 2 km arah selatan Alun-Alun kota Malang. Tepatnya di jalan pulau sempu yaitu kedai wedang ronde dan angsle akor.

2. Wedang Angsle

Wedang angsle merupakan sajian minuman hangat, berupa kuah santan dengan rasa pandan. Dalam satu mangkok angsle terdapat roti tawar, petulo, kacang hijau, mutiara, dan ketan. Angsle ada yg diberi jahe, tetapi ada juga yg tidak sehingga memiliki citarasa berbeda dibandingkan wedang ronde. Terutama kuah santan dan rasa pandannya, menjadikan angsle memiliki rasa yg khas. Satu mangkok angsle selain menghangatkan badan, juga cukup mengenyangkan. Angsle ini bisa kalian dapati dikedai Ronde Titoni dan Kedai Akor

3. STMJ
Campuran rasa yg luar biasa dari minuman ini memberi perasaan hangat dan juga mengenyangkan setelah meminumnya. Beberapa warung STMJ yg cukup terkenal adalah STMJ Pak Sentot yg berada di daerah bareng kulon tidak jauh dari Jl. Kawi dan telah buka sejak tahun 70-an serta STMJ 29 yg berada di Jl Trunojoyo. Ada juga kedai STMJ yg tidak pernah sepi pengunjung di daerah Pulosari.

4. Tahwa
Hidangan ini sendiri sudah sangat lama dikenal diwilayah Malang dan bisa disebut sangat cocok dengan kondisi kota ini. Campuran jahe dan gula merah pada kuah memberi rasa hangat ketika malam hari sedang dingin-dingin nya. Selain itu ditambah juga dengan isian berupa tahu yg lembut dan lumer di mulut.
Di kota Malang sendiri terdapat banyak penjual tahwa yg menjajakan dagangan nya. Salah satu tahwa yg cukup terkenal dan memiliki banyak penjual di Malang adalah Tahwa Faiz. Tahwa Faiz memiliki puluhan cabang yg menjual hidangan hangat ini di seputaran kota Malang. Penjual Tahwa lain yg cukup digemari dan ramai adalah Tahwa Mas Agus yg berada di wilayah jalan aries munandar. Sama seperti umumnya penjual tahwa di Malang, tahwa mas agus juga hanya berjualan dengan gerobak di pinggir jalan dan deretan kursi plastik bagi orang yg ingin langsung menikmati tahwa.
Selain lezat dan sangat cocok dengan udara kota malang ketika sedang dingin, hidangan ini juga murah.

5. Petulo

Salah satu kudapan hangat berkuah santan yg khas dari Malang adalah Petulo, semacam putu mayang tapi dibentuk bulat seperti mie. Petulo khas Malang ini juga tak kalah nikmat jika dimakan bersama kue cucur atau serabi dengan kuah santan beraroma pandan selagi hangat. Bila sedang hujan, petulo sangat pas jika dinikmati bersama keluarga. Hangatnya kuah santan dan sejuknya susasana di luar tentu perpaduan yg begitu pas

6. Sekoteng
Untuk minuman penghangat yg tinggal seduh aja juga ada nih, namanya sekoteng. Biasanya sudah dalam bentuk sachet jadi praktis banget. Isian nya agar-agar yg dipotong kotak-kotak kecil, kacang tanah sangrai, jahe, gula. Bisa didapat disupermarket-supermarket terkemuka di kota Malang.

7. Kacang Kuwa
Kalau lagi pengen kudapan hangat dengan bahan dasar kacang tanah, silakan coba kacang kuwa ini. Rasanya manis, legit, gurih, enaaakkk banget! Olahan dari kacang tanah yg dimasak sampai empuk dalam kuah santan lalu diberi gula dan perasa vanili ini lumer di mulut. Biasanya ditemani cakwe ketika menikmati kudapan satu ini. Kudapan yg berasal dari China ini juga bisa kalian nikmati di Kedai Ronde Titoni.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Amazing Malang Template by Ipietoon Cute Blog Design